Rimir Mirhardi Resmikan GSMK Sekaligus Canangkan Siskamling

Harianpilar.com, Tulangbawang – Plt Bupati Tulangbawang (Tuba) Rimir Mirhardi, meresmikan hasil pembangunan Gerakan Serentak Membangun Kampung (GSMK), sekaligus mencanangkan gerakan siskamling, di Kampung Gedung Bandar Rahayu, Kecamatan Gedungmeneng, Tuba, Kamis (26/1/2017).

Pada kunjungan kerjanya ke Gedung Meneng tersebut, kegiatan lain yang dilaksanakan Rimir di antaranya, meninjau pembangunan PAUD, SD dan Posyandu, dan peninjauan terhadap PLTS berkapasitas 50 MW yang dibangun di kecamatan setempat, bantuan dari Pemerintah Propinsi Lampung.

Di kesempatan itu, Rimir berpesan kepada masyaralat Tuba agar dapat memanfaatkan fasilitas yang ada dengan sebaik-baiknya, serta dapat dijaga dan dirawat agar bisa selalu bermanfaat bagi kepentingan masyarakat.

Rimir juga berharap dalam kegiatan pengaktifan kegiatan Siskamling sangat penting dan memiliki banyak manfaat bagi masyarakat. Salah satu fungsi Siskamling di antaranya untuk memenuhi kebutuhan rasa aman dan tentram di lingkungan masyarakat, serta menanggulangi ancaman dan gangguan kamtibmas yang dilakukan melalui upaya pre-ementif atau melalui pengamatan gejala awal dan preventif atau pencegahan di lingkungan masyarakat.

Rimir pun mengajak, agar semua pihak dan masyarakat dapat mendukung gerakan mengaktifkan Siskamling di Kabupaten Tulangbawang.

“Pencanangan gerakan Siskamling ini, adalah sebuah momentum strategis yang sangat diharapkan dapat membangkitkan kembali semangat seluruh masyarakat Tulangbawang untuk mengefektifkan Siskamling di wilayahnya. Mulai dari lingkungan sekitar, dari tingkat RT, kampung-kampung, kecamatan hingga tingkat kabupaten. Kegiatan Siskamling yang belum berjalan agar diaktifkan, sedangkan yang sudah ada agar ditingkatkan lebih baik lagi,” kata Rimir.

Dirinya juga berpesan agar gerakan mengaktifkan Siskamling ini benar-benar ditindaklanjuti oleh Kepala Kampung hingga RT untuk mengajak warganya berperan dalam mendukung kegiatan Siskamling di seluruh wilayah Tulangbawang. Sedangkan berkenaan pembinaan dan pengawasan Siskamling, diharapkan dapat selalu dilakukan oleh Camat dan Satuan Kerja Pemerintah terkait, bekerjasama dan berkoordinasi dengan aparat keamanan, Kepolisian maupun TNI.

“Harus dipahami bahwa tugas menjaga keamanan dan ketertiban bukan hanya semata tugas Polisi, TNI, maupun aparat keamanan terkait, tetapi juga menjadi tugas kita semua dan seluruh masyarakat,” ujarnya.

“Salah satu yang identik dengan Siskamling adalah kegiatan ronda malam di lingkungan masyarakat. Saya mengajak dan berharap agar Gerakan Ronda ini juga dapat diaktifkan lagi oleh masyarakat di kampung-kampung di Tulangbawang. Pos-pos Ronda di kampung-kampung, jangan sampai sepi dari masyarakat yang meronda. Fungsikan juga secara efektif keberadaan Hansip yang ada di kampung-kampung untuk mendukung aktifnya kegiatan ronda maupun Siskamling,” pesannya.

Dengan aktifnya kegiatan ronda maupun Siskamling, menurut Rimir, hal ini juga diharapkan dapat menekan angka kriminalitas yang terjadi di lingkungan masyarakat seperti pencurian, perampokan, begal, dan lain-lain, sekaligus menumbuhkan kesiap-siagaan masyarakat dalam mengantisipasi ancaman kamtibmas lain seperti aksi radikalisme, bahkan hingga siaga terhadap bencana alam.

“Saya yakin jika ronda malam maupun siskamling dapat diaktifkan oleh seluruh masyarakat, maka hal ini akan sangat mendukung sekali terciptanya suasana kehidupan masyarakat yang lebih aman, damai, dan kondusif, yang sekaligus bermanfaat untuk mendukung pembangunan dan kemajuan di seluruh wilayah Kabupaten Tulangbawang,” tandasnya.

Selain dihadiri oleh Plt. Bupati Tulangbawang Rimir Mirhadi, pada kegiatan pencanangan Gerakan Siskamling tersebut, juga hadir unsur Forkopimda, para pejabat Pemkab Tulangbawang, dan Camat, serta Kepala Kampung, BPK, LPM, Pokmas, tokoh masyarakat, dan berbagai elemen masyarakat di wilayah setempat. (ADV)

Header Banner Advertisement
Bagikan berita ini:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *