oleh

Dosen FT UBL Wakili Lampung Dukung UKK LPJK-P 2016

Harianpilar.com, Bandarlampung – Beberapa dosen Fakultas Teknik Universitas Bandar Lampung (FT UBL), terlibat dikegiatan yang tergabung dalam Lembaga Pengembang Jasa Konstruksi (LPJK) tingkat nasional. Selain Dr. Ir. Hery Riyanto, M.T. Tampak di antaranya Kaprodi Teknik Sipil UBL Ir. Juniardi, M.T.

Hery berujar keikutsertaan dosen UBL sebagai perwakilan anggota LPJK dari Lampung dan Sumatera Wilayah II guna mendukung calon pengurus dari LPJK Lampung dalam proses Uji Kelayakan dan Kepatutan Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi-Provinsi (UKK LPJK-P) seluruh Indonesia untuk masa bakti 2016-2020.

“Keterlibatan kami mewakili instansi (UBL), dan organisasi (LPJK Lampung) ikut dalam UKK LPJK-P 2016-2020.Semoga (keikutsertaan) ini dapat memberikan yang terbaik bagi dunia konstruksi di Indonesia,”ucap Dosen Teknik Sipil UBL ini.

Pria yang juga Wakil Rektor I bidang Akademik UBL ini yang juga turut mensosialisasikan UKK melalui media sosial facebooknya ini menambahkan, UKK-LPJK-P 2016 serentak dilaksanakan ditanggal 28-29 September lalu. Untuk tahun ini, tuan rumah langsungnya tempat penyelenggaraan kegiatan tersebut adalah di Hotel Aston Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel).

“Selain Lampung, untuk perwakilan LPJK Sumatera Wilayah II (Sumatera Bagian Selatan/Sumbagsel) diikuti empat provinsi lainnya, yaitu Sumsel, Bengkulu, Jambi, dan Bangka belitung (Babel),”akunya.

Sedangkan, Ketua LPJK Provinsi Lampung, Ir. Tubagus Ahmad Rif’at berujar secara teknis UBL yang memiliki Fakultas Teknik (FT), khususnya teknik sipil masuk dalam jajaran pengurus LPJK Lampung dari kalangan pakar akademisi dan praktisi dilingkup pendidikan tinggi.

“Realisasi keanggotaan terlihat dalam prosesi kerjasama (MoU) keduabelah pihak (Jum’at, 5/12/2015 di Auditorium Gedung Pascasarjana,Kampus B,Dra. Hj. Srihayati Barusman UBL).Diikuti upaya UBL terus mensuport LPJK (Lampung)merealisasi peran pembangunan konstruksi Lampung, berupa sumbangsih pemikiran,sampai penyediaan tenaga ahli terampil berkualitas,”paparnya.

Terkait Ketetapan Kelompok Kerja Penilai Pengurus Lembaga Tingkat Nasional itu dituangkan dalam Berita Acara Penetapan Daftar Peserta UKK-LPJK-P periode 2016 – 2020 tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Nomor 01/BA/PPN/ IX/2016.

“Untuk pengurus lembaga ini (LPJK) Tingkat Nasional Periode 2016 – 2020 terpilih 59 nama Peserta Uji Kelayakan Dan Kepatutan Pengurus LPJK RI yang terdiri dari berbagai kategori, terdiri 21 orang dari asosiasi perusahaan, 25 orang dari asosiasi profesi, 5 orang dari kelompok pemerintah, dan sisanya (8 orang) dari kalangan pakar (akademisi dan praktisi) perguruan tinggi,”paparnya.

Secara terpisah, Rektor UBL Dr. Ir. Yusuf. S. Barusman,M.B.A., mengapresiasi keikutsertaan Hery Riyanto sebagai perwakilan kampus (UBL) dan daerah (UBL), termasuk antusias dari para peserta UKK-LPJK-P 2016 disetiap provinsi di Indonesia.

“Adanya kegiatan itu (UKK-LPJK-P 2016), menandakan LPJK senantiasa konsisten dan berdedikasi memenuhi kebutuhan tenaga Insinyur dimasa mendatang. Terlebih,peran LPJK semakin maksimal diikuti dengan semakin banyak karena program pembangunan LPJK di level Indonesia dan bahkan menyentuk dunia, yang telah berada tepat di jalurnya. Pembangunan Infrastruktur menjadi fokus penting demi mengejar pembangunan di segala bidang,” katanya.

Yusuf berharap adanya keikutsertaan wakil UBL di UKK-LPJK-P 2016 diharapkan dapat terus menjalin peningkatan kerjasama antara kampus berjargon ‘Solution for Present and Future” ini dalam meningkatkan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan Pengembangan Jasa Konstruksi khususnya di bidang Pendidikan dan Pelatihan, Penelitian serta pengabdian masyarakat.

“Kami yakin LPJK Lampung akan berusaha membantu dalam pengembangan fakultas teknik UBL di bidang akademik dan peningkatan standar mutu diantara (persaingan) Perguruan Tinggi.Bahkan, di masa mendatang, penelitian bersama antara UBL dengan LPJK (Lampung) lebih ditingkatkan karena sangat bermanfaat dalam pengembangan Kontruksi di Indonesia,” pungkasnya. (Rls/JJ)

Komentar