oleh

Program Gerbang Desa Saburai Entaskan Kemiskinan

Harianpilar.com, Lampung Utara – Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) Kabupaten Lampung Utara (Lampura), menggelar bimbingan tehnis (bimtek) program Gerakan Membangun Desa Sangbumi Rua Jurai (Gerbang Desa Saburai) bagi perangkat desa yang mendapat program tersebut . Bimtek tersebut berlangsung selama dua hari (7-8/9/2016) di aula Hotel Cahaya Kotabumi.

Kepala BPMPD Lampura, Edwar Kesuma mengatakan, bimtek bagi perangkat desa yang mendapatkan program Gerbang Desa. Untuk Lampura sendiri ada 12 desa yang tersebar di 9 kecamatan. “Bimtek ini diikuti oleh Ketua BPD, Sekdes, dan pelaksana tehnis lapangan yang ada di masing-masing desa,” ujar Edwar saat diwawancarai di sela-sela bimtek berlangsung, Rabu (7/9/2016).

Pemateri dalam bimtek ini sendiri, kata Edwar, merupakan unsur-unsur dari istansi terkait baik itu level kabupaten maupun provinsi. “Pemateri terdiri dari BPMPD Provinsi, Kabid Sosial Budaya BPMPD Provinsi Mawarni, Koordinator wilayah 2 gerbang Desa Saburai Lampura Waykanan Kuncoro Mulyono  .

Lebih lanjut, Edwar mengatakan, besaran jumlah bantuan untuk percepatan pembangunan dan pengentasan kemiskinan melalui program ini sebesar Rp300 juta setiap desa. Bantuan dana tersebut difokuskan untuk pembangunan infrastruktur yang ada di desa. “Kalau program ini jelas berbeda dengan Anggaran Dana Desa (ADD), program Gerbang Desa sasarannya hanya untuk infrastruktur bukan lainnya,” tandas Edwar.

Masih menurut Edwar, dengan banyaknya program pembangunan di desa baik itu melalui APBN, APBD Provinsi, dan APBD kabupaten, maka dia sangat optimis dalam kurun waktu lima tahun, pembangunan yang ada di desa menunjukkan perubahan yang signifikan. “Kita lihat pemerintah sangat konsen membangun desa, baik program pusat, provinsi hingga kabupaten. Jika saja masing-masing instansi terkait benar-benar mampu bersinergi maka dalam waktu lima tahun beres tu pembagunan infrastruktur yang ada di desa,” pungkasnya. (iswant /yoan)