oleh

SMKN 2 Kalianda-PT. AHM Teken MoU Kurikulum TSM

Harianpilar.com, Lampung Selatan – Memantapkan skil siswa jurusan mesin motor, Sekolah Menegah Kejuruan Negeri (SMK N) 2 Kalianda, Lampung Selatan (Lamsel) akan melakukan penandatanganan MoU kerjasama penerapan kurikulum teknis standar motor (TSM) dengan PT. Astra Honda Motor (PT. AHM) yang akan berlangsung pada 12 April 2016 di sekolahan tersebut.

Setelah penandatanganan MoU tersebut, diwawancarai awak media Kepala SMK N 2 Kalianda Elita Sari, ST, MT mengatakan, sekolahan tersebut akan membentuk atau menambah 1 kelas jurusan baru yakni kelas mesin motor kendaraan roda dua merk Honda.

“Penerimaan siswa, bertepatan dengan penerimaan siswa tahun ajaran 2016-2017 mendatang. Kelas motor itu, akan menerima 30 murid. Mengenai persyaratan siswa agar diterima di kelas tersebut masih akan kita kaji dahulu,” kata Elita Sari di kantornya, Senin (4/4/2016).

Ia melanjutkan, mengenai tenaga pengajar pada kelas jurusan mesin motor tersebut. Elita Sari menjelaskan, guru dari pihak sekolahan yang sebelumnya akan diberi pembekalan terdahulu mengenai teknik standar mengajar tentang mesin motor khususnya mesin motor merk Honda.

“Instrukturnya (guru, red) kita didik dahulu. Dengan tujuan memberikan keterampilan bagi siswa SMK agar lebih ahli dan memahami tentang mesin merek Honda. Sehingga nantinya jika tidak melanjutkan ke perguruan tinggi mereka sudah memiliki keahlian dibidang mesin otomotif khususnya mesin kendaraan roda dua merek honda,” bebernya didampingi salah satu guru jurusan mesin Agus Burkon.

Disinggung mengenai beberapa persyaratan dalam menjalin kerjasama dengan pihak PT. AHM. Elita mengaku, sarana dan prasarana telah mendukung sesuai yang diinginkan oleh pihak PT. AHM.

“Mengenai persyaratan kerjasama ini banyak ya. Salah satunya, kita sudah menyiapkan 1 ruang khusus bengkel mesin motor dan ruang kelas, standarisasi guru yang mempunyai standar kerja Honda, siswanya nanti PKL di dealer-dealer Honda. Intinya, segala persyaratan sudah kita penuhi,” ujar dia.

Lebih jauh dirinya mengatakan, bentuk kerjasama tersebut mendapatkan respon positif oleh pihaknya. Pasalnya, kerjasama tersebut, bagi siswa yang dinilai layak memenuhi standar kerja PT. AHM, usai menyelesaikan jenjang pendidikan akan langsung bekerja diperusahaan yang bergerak dibidang otomotif tersebut, tentunya dengan rekomendasi dari sekolahan siswa mana saja yang berprestasi dan layak.

“Peluang ini sama dengan membuka lapangan kerja dan membantu pemerintah dalam mengurangi angka penganguran,” pungkasnya.

Untuk diketahui, di Kabupaten Lampung Selatan, sekolahan kejuruan baru SMK N 2 Kalianda yang menjalin kerjasama dengan PT. AHM. Sedangkan untuk Provinsi Lampung, sudah ada 3 sekolahan kejuruan yang memiliki jurusan teknis mesin yang menjalin kerjasama dengan PT. AHM. (Saiful/Mar)