oleh

Lampung Segera Gelar Pilkades Serentak

Harianpilar.com, Lampung Utara – Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Lampung Utara (Lampura) memastikan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) 119 Desa di Lampura akan digelar pada 19 November 2015.

Pelaksana tugas, BPMPD Lampura, Wahab, mengatakan sejak tanggal 14 September 2015 kemarin semua tahapan terkait Pilkades sudah mulai dilaksanakan. “Runtutan tahapan sudah mulai digelar, mulai dari tingkatan Desa, misalkan pembentukan panitia pemilihan, penetapan mata pilih dan sebagainya,” kata Wahab, Senin (12/10/2015)

Menurut Wahab, saat ini semua berkas calon  sudah sampai di kecamatan untuk dilakukan verifikasi. Sedangkan untuk verifikasi tingkat kabupaten dilakukan pada tanggal 16-24 Oktober 2015, yang yang finalnya untuk memutuskan calon-calon mana yang memenuhi syarat untuk ikut bersaing dalam pilkades. Persentase kesiapan pelaksanaan pilkades serentak itu sendiri menurut Wahab sudah mencapai 80 persen.

“Siang tadi, kita rapat dengan Wakil Bupati serta unsur Forkopimda terkait pelaksanaan Piokades. Sedangkan untuk menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban proses Pilkades itu sendiri pihaknya melibatkan aparat TNI dan Polri yang ada di Lampura serta mengoptimalkan peran hansip di masing-masing Desa.” Kata Wahab.

Ditanya prihal terdapat hanya ada satu calon saja yang dinyatakan  memenuhi syarat memgikuti Pilkades dari hasil verifikasi tungkat Kabupaten. Wahab mengatakan, jika nantinya ternyata hanya ada satu calob saja yang dinyatakan lulus, “Maka secara otomatis Desa tersebut tidak dapat melangsungkan hajat demokrasi, dan mereka bisa ikut kembali di tahun 2017 nanti,” kata Wahab. (iswant /yoan/joe)

Komentar