oleh

Bidan PTT Diangkat PNS Tanpa Tes

Harianpilar.com, Bandarlampung – Ribuan bidan yang berstatus pegawai tidak tetap (PTT) menggelar aksi menagih janji Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Jakarta. Tuntutan para bidan ini untuk diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) langsung dipenuh oleh pemerintah.

Dalam aksi tersebut para bidan membentangkan poster bertuliskan, “Presiden Jokowi (ini Bidan Desa mu) selamatkan ibu melahirkan, selamatkan Bidan Desa PTT”. Lalu ada pula yang bertuliskan, “Terbitkan Keppres pengangkatan Bidan Desa PTT sebagai pegawai tetap negara” dan “Stop pengangkatan Bidan Desa dengan status pegawai tidak tetap (PTT)”.

Tak hanya itu, mereka juga membentangkan spanduk bertuliskan,”Bidan desa PTT bidan sesa PNS-kan segera’ dan “Kepastian kerja adalah hak kami-Kepastian kerja adalah hak kami Pak Jokowi”.

Kendati banyak membawa spanduk berisi tuntutan kepada Presiden Jokowi, unjuk rasa yang dilakukan para bidan berjalan kondiusif.

Aksi ini membuahkan hasil, karena pemerintah memastikan sedikitnya 16 ribu bidan desa diangkat sebagai abdi negara tanpa melalui tes pada tahun 2016. Kebijakan ini diputuskan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Yuddy Chrisnandi saat menerima 20 orang perwakilan demonstran bidan PTT di kantor KemenPAN-RB, Senin (28/9/2015).

Di hadapan utusan bidan, menteri asal Partai Hanura itu mengatakan bahwa pengangkatan CPNS bukan perkara yang susah. “Pengangkatan Bidan Desa akan cepat dilakukan dan bahkan gampang. Karena seluruh bidan desa telah terdata secara akurat oleh pemerintah sebagai Pegawai Tidak Tetap (PTT), sehingga tanpa harus diverifikasi ulang lagi dan untuk pengangkatannya tanpa melalui tes. Pastinya, semua keputusan ini saya ambil berdasarkan seizin Presiden,” katanya, seperti lansir dari JPPN.com.

Yuddy menegaskan, pengangkatan Bidan PTT tersebut telah memiliki payung hukum yang jelas. “Payung hukum sudah ada berdasarkan hasil revisi peraturan yang ada,” terangnya.

Keputusan Yuddy di sambut sorak ribuan bidan PTT. Bahkan sampai ada yang meneteskan air mata karena tuntutannya dipenuhi. “Kami berdoa mudah-mudahan Menteri Yuddy terus diberikan kesehatan dan panjang umur,” ucap Ketua Forum Bidan PTT Indonesia, Lilik Dian Ekasari dengan haru. (Juanda)