oleh

Sempat Tertunda, 25 Calon Jemaah Haji Tanggamus Siap Berangkat

Harianpilar.com, Tanggamus – Setelah sempat tertunda selama satu minggu lantaran Visa keberangkatan belum dimiliki, akhirnya 25 Calon Jemaah Haji (CJH) asal Tanggamus dipastikan dapat berangkat ke tanah suci melalui Kloter 30 (terakhir) Lampung pada tanggal 10 september mendatang.

Kepala Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Tanggamus, M.Yusuf mengatakan Pelepasan CJH pun rencananya akan dilakukan dengan acara pelepasan CJH kloter 8 Tanggamus pada 25 Agustus sebelumnya oleh pihak Pemkab setempat. “Untuk CJH yang sempat tertunda keberangkatannya, saat ini sudah tidak ada kendala, visa mereka sudah keluar dan hanya tinggal menunggu jadwal pemberangkatannya, Insya Allah pada 10 September mendatang CJH ini akan segera diberangkatkan menuju tanah suci bersama rombongan dari Bandar Lampung dan Lampura yang tergabung dalam kloter 30 atau kloter terakhir untuk wilayah Lampung.” Kata M.Susuf kemarin, (2/9/2015).

Menurut M Yusuf, pihak Kemenag Tanggamus juga mencatat jika dari ke 25 CJH terdiri dari 12 orang wanita dan 13 pria, dimana usia tertua berusia 80 tahun atas nama Amat Waimin, sementara termuda usia 38 tahun dengan nama Sahri Wahid. “Para CJH yang akan di berangkatkan pada 10 September mendatang untuk fokus mempersiapkan kesehatan dan menghindari bepergian jika dianggap tidak terlalu penting. Mengingat keberangkatan mereka sebentar lagi, kita berharap pada calon jamaah untuk tetap konsentrasi saja pada ibadah, tetap jaga kesehatan.” Katanya.

Rencananya lokasi pelepasan ke 25 CJH sendiri akan di pusatkan di kecamatan Gistingbawah, di halaman Masjid Al-Munawaroh, “Ini masih rencana awal jadi belum pasti, bila ada usulan dari Pemkab prihal lokasi lainnya, kita ikuti tapi sementara usulan ini adalah pertimbangan dari kita, mengingat dari 25 Jemaah kebanyakan berasal dari Gisting, rencananya siang ini (kemarin), saya akan berkoordinasi dengan pihak Pemkab dahulu prihal lokasi pelepasan.” Kata mantan Kakemenag Waykanan itu.

Sebelumnya CJH Kabupaten Tanggamus di berangkatkan melalui Kloter 8 pada 25 agustus lalu, akan tetapi karena 25 orang diantaranya belum mendapatkan visa, maka terpaksa keberangkatan mereka tertunda. Untuk Kloter 8 ada sebanyak 167 CJH yang sudah lebih dulu diberangkatkan dan kini mereka sudah berada di Maddinah. Sementara total jumlah keseluruhan CJH tanggamus ada sebanyak 192 orang. (imron/*)

Komentar