oleh

‘Begal’ Jadi PR Pj Bupati Lampung Timur Tauhidi

Harianpilar.com, Bandarlampung – Asisten I Bidang Pemerintahan Pemprov Lampung Tauhidi, resmi dilantik sebagai Pj bupati Lampung Timur, menggantikan Bupati Erwin Arifin, oleh Gubernur Lampung M Ridho Ficardo, Rabu (2/8/2015) di Balai Keratun.

Sejumlah pekerjaan rumah (PR) yang akan menjadi prioritas dalam kepemimpinan Tauhidi, mulai dari penyelenggaraan pemerintah hingga menekan angka kriminalitas (Begal) yang saat ini menjadi sorotan publik.

Dalam amanatnya, gubernur berharap Tauhidi mampu menyelenggarakan pemerintah dengan baik. Ada beberapa titik merah daerah di Lampung Timur yang terkesan sulit menerima atau tidak menganggap aparatur sipil termasuk juga aparat penegak hukum.

“Ke depan saya minta agar hal ini dapat dtindaklanjuti oleh Pj bupati bersama Fokorpimda, sehingga ke depan dapat menjabarkan Nawacita Bapak Presiden yakni memperkuat kehadiran aparatur pemerintah di setiap jengkal tanah Republik ini,” katanya.

Selain itu Pj bupati juga diminta menjaga netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam pelaksanaan pemilihan umum kepala daerah dan wakil kepala daerah tahun 2015 di Kabupaten Lampung Timur.

“Jaga netralitas birokrasi, jangan sampai ada pegawai yang terlibat terlalu jauh dalam politik praktis pada pelaksanaan Pilkada mendatang. Saya tidak ingin ada korban-korban politik, bersikaplah professional, masih banyak pekerjaan kita bersama untuk membangun Kabupaten Lampung Timur,” jelas orang nomor satu di Lampung itu.

Gubernur juga berpesan agar Pj bupati menjaga dan menciptakan hubungan iklim yang kondusif antara anggota Fokorpimda, Pimpinan Parpol dan seluruh Lapisan masyarakat.

“Lamtim memiliki potensi yang sangat banyak, khususnya di sektor Pertanian sangat banyak untuk digunakan bagi kesejahteraan, jangan sampai dimanfaatkan oleh orang-orang tertentu yang bertentangan dengan aturan hukum,” tegas Gubernur.

Gubernur juga memperhatikan situasi keamanan dan ketertiban di Kabupaten Lampung. Apalagi Lamtim seringkali menjadi sorotan karena beberapa pelaku begal berasal dari kabupaten ini.

“Tentunya, ada akar permasalahan yang mendasari kenapa masyarakat memilih membegal seperti permasalahan sosial, kurangnya lapangan pekerjaan dan permasalahan lainnya. Oleh sebab itu diharapkan koordinasi dan sinergitas secara terus menerus dan berkesinambungan, mulai dari pemerintah, pihak keamanan, akademisi, pihak terkait hingga tokoh adat, tokoh  agama dan tokoh masyarakat. Sehingga permasalahan tindak kriminalitas di Kabupaten Lampung Timur khususnya dan Provinsi Lampung umunya dapat segera teratasi,” ujarnya.

Terkait hal itu, Tauhidi menyatakan dirinya siap dan langsung akan melakukan investigasi mendadak (Sidak) ke daerah-daerah yang dianggap rawan begal yang ada di Kabupaten Lamtim.

“Besok malam kita akan langsung sidak dan mulai mendekati semua masyarakat disana untuk melihat kondisi dan masalah yang ada agar kita bisa mengetahui apa permasalahan disana hingga Lamtim bisa dijuluki daerah rawan begal,” jelasnya, usai dilantik menjadi Pj bupati Lamtim di Balai keratun, Rabu (2/9/2015).

Selain itu kerjasama antar pihak kepolisian, aparatur desa juga harus ditingkatkan.

“Yang jelas semua itu harus kerjasama semua pihak, dan secara perlahan kita membenahi tingkat perekonomian disana, karena maraknya angka kriminalitas dikarenakan masih minimnya tarap hidup dan perekonomian yang rendah,” ujar Tauhidi.

Lebih lanjut Asisten Bidang pemerintahan provinsi Lampung itu mengatakan.

“Saya akan melihat kondusi dan isi di birokrasi Pemda setempat, kita berupa agar memperkuat, dan bisa menjadi satu persepsi dalam menjalan pemerintahan disana maka kita bisa menjalankan tugas dengan baik sehingga bisa menjalankan semua program yang ada, kita juga akan memperbaiki tata kelola pemerintahan di kabupaten Lamtim,” katanya.

Selain berupaya memberantas begal Pj bupati Lamtim juga akan berusaha untuk meningkatkan pariwisata karena selama ini banyak potensi wisata yang bagus di kabupaten Lamtim yang belum tereksplor.

“Intinya dengan bantuan semua pihak kita bersama-sama akan membenahi semua itu, baik tingkat kriminalitas dan meningkatkan perekonomian, selian itu kita juga akan berusaha mendekatkan diri dengan masyarakat sehingga kita bisa terus mengawasi lingkungan untuk menghindari terjadinya kejahatan dan konflik lainnya,” papar Tauhidi. (Fitri/Juanda)

Komentar