oleh

Kemarau Sampai Desember, Tulangbawang Waspadai Kebakaran Lahan

Harianpilar.com, Tulangbawang – Pemerintah Kabupaten Tulangbawang  melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tulangbawang mengimbau kepada seluruh masyarakat Tulangbawang  agar waspada kebakaran. Pasalnya, musim kemarau akan di prediksi hingga september 2015 mendatang.

Kepala BPBD Tulangbawang  Noerman M. Yus mengatakan musim kemarau selalu menjadi pemicu bencana kebakaran yang disebabkan dari gesekan tanaman yang mengering dan berbagai faktor lain. Cuaca panas yang melanda didaerah Tulangbawang sepekan terahir sangat dominan, untuk itu pihaknya menghimbau masyarakat untuk berhati-hati dengan kebakaran. “Kami menghimbau agar masyarakat senantiasa dan waspada ketika musim panas, apalagi musim panas menjadi faktor pemicu kebakaran yang kerap terjadi,” katanya, Senin, (30/8/2015).

Untuk itu, sambungannya pihaknya akan terus menekankan ke masyarakat dengan memberikan himbauan hal-hal yang patut diwaspadai ketika musim kemarau, “Kita juga menghimbau masyarakat supaya jangan membakar perkebunan atau semak-semak. Selain itu saya harap, masyarakat yang ingin meninggalkan rumah dengan waktu lama supaya memadamkan listrik. Karena kebakaran sering terjadi akibat kosleting listrik,” katanya.

Kemudian, tambah dia, apabila ada kebakaran, masyarakat diminta tanggap dan cepat menghubungi petugas pemadam kebakaran pemkab Tulangbawang. “Untuk mengatasi hal tersebut, BPBD juga terus berkordinasi dengan seluruh petugas pemadam kebakaran agar mengecek kesiapan kendaraan pemadam kebakaran,” ujarnya. (Rizal/*)

Komentar