oleh

Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kebangpol) Himbau Umat Beragama Saling Menghormati

Harianpilar.com, Lampung Utara – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kebangpol) Kabupaten Lampung Utara (Lampura) mengimbau kepada seluruh masyarakat non-muslim di wilayahnya untuk bersama-sama menghargai umat Islam yang sedang menjalankan ibadah puasanya di bulan Ramadhan 1436 Hijriah tahun ini.

Kepala Kesbangpol Lampura Murni Rizal menerangkan, mulai hari ini (kemarin-red) hingga 30 hari ke depan seluruh umat muslim akan melangsungkan pelaksanaan ibadah puasa di bulan Ramadhan.

“Mari kita saling menghargai dalam menjalankan ibadah, demi jalinan kebersamaan kita,” ujarnya, belum lama ini.

Dikatakannya, sejauh ini rasa saling menghargai antar umat beragama yang ada di Lampura telah terjalin sangat baik. Sebab, di setiap agama baik itu Islam, Katolik, Kristen, Hindu, Budha, dan lain sebagainya memiliki ajaran khusus tentang sikap toleransi terlebih dalam hal ibadah.

“Sejauh ini tidak pernah ada masalah, mereka sangat menghargai umat Muslim saat menjalankan ibadah puasa,” kata dia.

Selain mengimbau masyarakat Non-Muslim, Murni juga menyarankan kepada seluruh pemilik Rumah Makan (RM) yang terdapat di Lampura agar dapat menyesuaikan cara berdagangnya saat pelaksanaan bulan Ramadhan. Jangan sampai menganggu ke khusu’an umat Muslim yang sedang menjalankan Puasa. “RM-nya harus ditutup dengan tirai atau kain sejenis baliho, mereka harus menghargai saudaranya yang sedang berpuasa,” sarannya.

Pada pelaksanaan bulan Ramadhan kali ini, tambah dia, pihak Kesbangpol akan terus mengiatkan program monitoring gesekan-gesekan yang sering terjadi dimasyarakat. Seperti halnya, kericuhan yang terjadi di tempat keramaian, berbagai tindak kejahatan, dan lain sebagainya. “Kita akan terus giatkan monitoring diwilayah Lampura,” pungkasnya. (Iswan/Yoan/JJ)

Komentar