oleh

Dinas Pendidikan Siap Gunakan Sistem Surat Elektronik

Harianpilar.com, Bandarlampung¬†–¬†Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Lampung sanggupi himbauan dari Kementerian Dalam Negeri (Mendagri) agar pihak pemerintah daerah (Pemda) baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota ¬†untuk mengalihkan sistem pendataan dari manual ke sistem elektronik (Electronic Registration System) mulai 1 Januari 2016.

“Kita sudah siap, kan sudah ada dasar peraturannya. Mau tidak mau harus mengarah ke sana (surat elektronik/surel). Tahun ini Saja kami siap berlakukan UN CBT di 14 sekolah. Tahun ini juga data Dapodik masuk akses (online). Prestasi ini kami bisa tawarkan jika pusat mulai berlakukan surel tahun depan,” ujar Kepala Bidang Pendidikan Menengah dan Tinggi (Kabiddikmenti) Disdikbud Lampung Teguh Irianto, Jum’at(22/5/2015).

Ia meyakini himbauan tersebut baik untuk segera dilaksanakan lantaran bertujuan untuk memperoleh data secara akurat, terpercaya dan terintegrasi secara massal dengan masyarakat luas. Itu agar dapat menjamin transpransi data yang dapat dikontrol publik umum.

Sementara itu, Kadisdikbud Lampung Hery Suliyanto juga bakal diimplementasikannya Surel bagi setiap pendataan ditiap instansi pemerintahan. Hanya saja, pihaknya tak mau terburu-buru menyikapi bahwa disdikbud lampung siap mengimplementasikan Surel mulai awal tahun depan.

Lebih lanjut, ia menyatakan sebelum diberlakukan total, pihaknya akan meminta Kemendagri beserta kementerian terkait yang menaungi tiap dinas provinsi maupun suku dinas (sudin) di tiap kabupaten/kota agar mempersiapkan matang disertai sosialisasi publikasi dulu regulasi, format hingga sistem surel ketiap daerah sebelum diberlakukan massal.

Tak hanya itu saja, dia pun meminta kesiapan surel mulai tahun depan sesuai dengan langkah pengembalian wewenang pengelolaan SMA dan SMK ketingkat provinsi. Makanya, langkah pihaknya kini melalui Tim pendataan Aset dibawah koordinasi Biddikmenti terus memproses pendataan aset pendidikan daerah. (Lia/JJ)

Komentar