oleh

Dinsosnakertarans Bina Napi Rutan Menggala

Harianpilar.com, Tulangbawang – Dinsosnakertarans Tulangbawang (Tuba) menggelar pelatihan berbasis masyarakat pertukangan konstruksi bangunan kepada warga binaan (Napi) pemasyarakatan di Rumah Tahanan (Rutan) Menggala selama 20 hari. Upaya ini dalam rangka meningkatkan kualitas SDM warga binaan.

Sekretaris Daerah (Sekda ) Tuba Rimir Mirhadi, ketika membuka acara pelatihan pertukangan di Rutan Menggala mengatakan, pihaknya telah lama melakukan kerjasama dengan pihak Kementrian Hukum dan HAM, khususnya dengan Rutan Menggala, terkait dengan pembinaan narapidana.

“Salah satunya pelaksanaan pelatihan pertukangan sehingga setelah keluar dari Rutan dapat bermanfaat bagi dirinya dan berguna bagi masyarakat. Kami juga, telah menjalani kerjasama di bidang pelayanan kesehatan, sehingga para narapidana dan para tahanan dijamin kesehatan oleh Pemkab.  Sehingga apabila para narapidana dan para tahanan sakit dapat diberikan pelayanan kesehatan sebagaimana mestinya sesuai dengan aturan yang ada,” jelasnya, Selasa (5/5/2015)

Kadisosnakertrans Ria Holdi mengatakan, pelatihan pertukangan ini kami laksanakan selama 20 hari dan diikuti oleh 20 orang para narapidana dan tahanan yang telah dipilih oleh Kepala Rutan Menggala.

“Saya berharap para peserta dalam mengikuti pelatihan pertukangan ini dapat serius, sehingga materi yang diberikan oleh instruktur dari Balai Latihan Tenaga Kerja (BLK) Provinsi Lampung dapat diterima dengan baik, sehingga ketika kembali ditengah-tengah keluarga dan masyarakat ketrampilan yang diberikan dapat menjadi bekal dan dapat berguna bagi kehidupan para tahanan nantinya,” harapnya. (Merizal/JJ)

Komentar