oleh

Tambang Emas Natarang Mining Ditutup

Harianpilar.com, Tanggamus – Salah satu lokasi eksploitasi tambang emas milik PT. Natarang Mining di Dusun Waylinggok, Pekon Gunung Doh, Kecamatan Bandar Negeri Semuong (BNS) Kabupaten Tanggamus telah ditutup.

Hal tersebut dikatakan Kabid pertambangan umum, Andi Firdaus mewakili Kadistamben Tanggamus, Mulkifli Novem mengatakan, aktifitas penambangan emas PT. Natarang Mining masih tetap berjalan. Hanya saja ada salah satu lokasi eksploitasi tambang yang berada di Dusun Waylinggok, Pekon Gunung Doh, Kecamatan Bandar Negeri Semuong (BNS) yang telah ditutup.

“Lokasi tambang yang ditutup itu mungkin dikarenakan sudah tidak ditemukan lagi serat dan jalur emas. Dan dianggap pihak perusahaan tidak produktif lagi, makanya ditutup. Nah, itulah yang sebenarnya terjadi. Jadi bukan tutup total,” jelas Andi, kamis (30/4/2015).

Penutupan salah satu lokasi penambangan tersebut, sudah disosialisasikan pihak perusahaan kepada masyarakat Kecamatan BNS dan Ulubelu.

Kemudian, dalam sosialisasi yang baru-baru ini dilaksanakan di Kecamatan Gisting jelas dia, sedang mencari jalan keluarnya, apakah pegawai tambang yang terkena dampak penutupan akan diberikan pesangon atau di pindahkan ke lokasi tambang yang lain.

“Dan bekas lokasi penambangan tersebut tidak terlalu berbahaya karena hanya berbentuk galian dangkal. Jadi, bukan seperti sumur atau kolam dengan kondisi sangat dalam. Ini hanya sebatas galian dangkal saja. Pihak Natarang Mining tentunya tidak tinggal diam, pastinya mereka mencari lokasi-lokasi yang berpotensi akan serat dan jalur emas. Karenakan banyak tenaga geologi,” terangnya.

Tidak mungkin perusahaan akan tutup, tambah Andi, karena eksploitasi penambangan telah di prediksi akan berlangsung hingga 20 tahun kedepan.

“Jadi sebelum mereka berani mendirikan sebuah perusahaan dan menginvestasi di Tanggamus. Sudah diturunkan ahli-ahli geologi yang memang benar-benar berkompeten di bidang pertambangan dan hasil bumi. Tidak sebarangan, maka dari itu tidak mungkin Natarang Mining tutup,” pungkasnya. (Imron/JJ)

Komentar

News Feed