oleh

147 Kampung Siap Kelola Anggaran Dana Desa (ADD)

Harianpilar.com, Tulangbawang – Pemerintah Kabupaten Tulangbawang melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Kampung /Kelurahan (BPMPK) menyatakan siap menerima dan mengelola Anggaran Dana Desa (ADD) dengan serentak di 147 Kampung yang ada di Kabupaten Tulangbawang.

Berbagai Persiapan yang telah dilakukan oleh BPMPK Tulangbawang dari sosialisasi, Bimtek dan melakukan diklat-diklat terhadap aparatur kampung untuk dapat mengelola anggaran dana desa sesuai dengan mekanisme dan aturan yang ada.

“Kami juga telah melakukan Pendampingan teknis penyusunan APBD Kampung sedangkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Kampung dan Rencana Kerja Pembangunan Kampung di 15 kecamatan di Kabupaten Tulangbawang telah selesai, kita telah melakukan diklat terhadap aparatur kampung untuk meningkatkan kapasitas Aparatur dan Kelembagaan di Kampung dalam rangka menyongsong pelaksanaan otonomi Kampung,”  terang Kepala Bidang Pemerintahan Kampung Muhammad Ami Iswandi Balaw, Rabu (1/4/2015).

M Ami, juga mengaku optimis bahwa aparatur kampung di Kabupaten Tuba mampu dan siap dalam menerima dan mengelola Dana Desa yang akan dikucurkan pada bulan April ini.

“Dalam melakukan sosialisasi terhadap dana kampung melibatkan lima Satker, yaitu Badan Pendapatan Keuangan Aset Daerah (BPKAD), Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bapeda), Bipram, Bagian Hukum dan Dispemda.

Dikatakan M Ami, untuk total keseluruhan anggaran kampung di Kabupaten Tuba sebesar Rp87.867 miliar yang bersumber dari APBN sebesar Rp41.463 miliar dan APBD Rp46.404 miliar. Dana ini akan di kucurkan ke 147 Kampung secara bertahap. (Merizal/JJ).

Komentar