oleh

Kualitas Penelitian IBI Darmajaya Meningkat

Bandarlampung (Harian Pilar) – Lagi, prestasi di bidang penelitian dan pengabdian masyarakat ditorehkan dosen Institut Informatika dan Bisnis (IBI) Darmajaya. Sebanyak 19 hasil penelitian dosen mendapatkan hibah dari Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi (DIKTI) yang diumumkan Senin (19/1/15) di laman simlitabmas.dikti.go.id

Kepala Lembaga Penelitian, Pengembangan Pembelajaran dan Pengabdian Masyarakat (LP4M IBI Darmajaya), Dr. Anuar sanusi, SE. M.Si, memaparkan jenis hibah yang berhasil diraih yakni 5 penelitian hibah bersaing, 7 hibah Iptek Bagi Masyarakat (IbM), 6 hibah penelitian dosen pemula (PDP), dan 1 penelitian fundamental.

Anuar menyebutkan, hibah yang dimenangkan IBI Darmajaya meningkat dari sisi kualitas. Hal ini dibuktikan dari grade penelitian dosen yang terus naik level. Anuar mencontohkan, tahun lalu IBI Darmajaya mendapatkan 3 hibah bersaing, tahun ini naik menjadi 5 menyusul beberapa dosen naik grade.

Menurutnya tidak mudah untuk menaikan grade penelitian. Jenjang pendidikan dan jabatan akademik dosen menjadi syarat mutlak yang harus dipenuhi. Untuk bisa berkompetisi dalam hibah fundamental misalnya, seorang dosen harus setingkat minimal lektor kepala dan memiliki jenjang akademik minimal S3.

Terkait dengan hal tersebut, pihaknya mendorong para dosen untuk melakukan study lanjutan sehingga bisa bersaing di level yang lebih tinggi. Tak hanya itu, upaya menaikan jabatan akademik juga harus dilakukan. Upaya ini terus dilakukan IBI Darmajaya dengan pelatihan, seminar maupun diskusi penelitian baik tingkat nasional maupun internasional.

“Untuk peraih hibah PDP, kami mendorong agar membidik level penelitian yang lebih tinggi seperti hibah bersaing, hibah pekerti, hibah Pascasarjana dan hibah unggulan Perguruan Tinggi. Karenanya peningkatan kompetensi diri dari aspek pendidikan dan kepangkatan harus dilakukan” ujar Anuar yang juga reviewer nasional ini.

Disamping peningkatan kualitas penelitian, tren pengabdian masyarakat yang dilakukan para dosen IBI Darmajaya juga mengalami peningkatan signifikan. Anuar menyebutkan tahun 2013 IBI Darmajaya berhasil mendapatkan satu hibah pengabdian Iptek bagi Masyarakat (IbM), ditahun 2014 naik menjadi 3 judul dan kembali naik menjadi 7 judul ditahun 2015.

Sementara itu, Rektor IBI Darmajaya, DR. Andi Desfiandi, SE.MA., mengatakan penelitian menjadi salah satu indikator yang menunjukan kualitas dosen dalam melaksanakan tridarma perguruan tinggi. Atas partisipasi aktif dosen melakukan penelitian, Andi memberikan apresiasi setiggi-tingginya. Kini IBI Darmajaya termasuk salah satu PTS penerima hibah terbanyak di Lampung.

“Penelitian IBI Darmajaya terus berkembang dan semakin diakui kualitasnya. IBI Darmajaya juga dipercaya sebagai penyelenggara monitoring dan evaluasi penelitian dosen-dosen eksternal maupun internal dan semoga prestasi ini menjadi motivasi para dosen dan mahasiswa untuk terus meningkatkan prestasi ditahun yang akan datang,” ujar Andi. (Rls/JJ).

Komentar