oleh

PAD Dinas PU Minim

Lampung Selatan (Harian Pilar)
Pendapatan Asli Daerah Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Lampung Selatan untuk tahun 2015 hanya sebesar Rp 75 juta.

Hal tersebut terungkap saat pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (RAPBD) bersama anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Rabu (12/11) di ruangan Komisi C.

Menurut Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Lampung Selatan Yansen Mulya, pada tahun 2015 mendatang Dinas PU menargetkan pendapatan sebesar Rp 75 juta, dirinya mengakui kalau pendapatan tersebut masih sangat kecil.

“Pendapat tersebut dari beberapa hasil seperti sewa alat berat yang ada di dinas PU, untuk saat alat berat yang ada di Dinas PU kondisinya sangat memperhatinkan, karena setiap saat ada yang menyewa pasti rusak, karena umurnya sudah tua juga,” kata Yansen, di hadapan anggota Dewan Komisi C DPRD.

Dia juga melanjutkan, dirinya memang berencana untuk mengajukan pembelian alat berat, tetapi karena ada beberapa program yang prorakyat dan sekala prioritas maka pengajuan tersebut ditunda.

“Memang rencananya pada tahun anggaran 2015 mendatang saya berencana mengajukan pembelian alat berat tetapi itu saya batalkan karena banyaknya program-program yang prorakyat dan sekala prioritas,” lanjutnya.

Yansen juga menambahkan, selain pendapatan dari sewa alat berat, pihaknya mengaku ada pendapatan dari uji lab, yang dilakukan oleh universitas yang ada di Lampung. Yansen juga menjelaskan, untuk belanja tidak langsung seperti gaji pegawai yang ada di Dinas PU mencapai Rp 10 miluar lebih, sementara itu untuk belanja langsung sebesar Rp270 miliar lebih.

Sementara itu, Anggota DPRD Komisi C Hamdani mengatakan, pendapatan Dinas PU harus terus ditingkatkan dan digali, untuk saat ini pendapat Dinas PU hanya dari sewa alat berat dan uji lab.

“Kalau memang untuk meningkatkan pendapatan dengan harus membeli alat berat yang baru kenapa kita tidak membelinya, kalau memang kita punya alat berat yang baru apabila dan PAD bisa meningkat ya kita anggarkan saja,” kata Hamdani. (Saipul/JJ).